Reportase 5

Nama               : Hikmah Wiji Hastuti
Npm                : 15120134
Kelas               : PGSD 7C

Selasa, 30 Oktober 2018 merupakan pertemuan keenam mata kuliah Filsafat Pendidikan. Mata kuliah ini diampu oleh Bapak Mohammad Aniq Khoirul Basya, S.Pd., M.Hum. Perkuliahan dimulai pada pukul 09.10 WIB di ruang GU 414 FIP, UPGRIS.
Pada pertemuan kali ini membahas mengenai perbedaan pendidikan dengan pengajaran. Pengajaran merupakan bagian dari pendidikan. Pendidikan merupakan laku/tuntutan.Fungsi pengajaran itu sendiri yaitu memberikan pengetahuan tentang tuntutan itu. Pendidikan itu adalah wadah untuk mendapat pengajaran. Diibaratkan Universitas itu pendidikannya dan fakultas itu pengajarannya. Pendidikan itu laku atau yang dilakukan sebagai tuntunan, tindakan. Pendidikan mempunyai dua pengertian yaitu Tarbiyah/Robun (ﮟﺐﻦ) atau pengusa dan adab atau peradaban. Robun (ﮟﺐﻦ) atau pengusa adalah orang yang mengajari, menjaga, pelestari, pengajaran. Pendidikan disini berarti bermaksud pengayoman. Sedangkan ada yang berpendapat bahwa pendidikan itu adab atau peradaban. Adab adalah mengakumulasi dari manusia yang beragam mencerminkan siapa diri mereka. Pengajaran adalah proses memberikan pengetahuan tentang laku atau tuntunan, dari yang tidak bisa menjadi bisa untuk mencapai tujuan pendidikan
 Menurut saya, perkuliahan Pak Aniq adalah sebuah sistem perkuliahan yang baik, dimana kita sebagai mahasiswa bisa mengerti dan memahami apa yang disampaikan oleh beliau, karena beliau tidak hanya menjelaskan saja melainkan juga memberikan contoh yang berkaitan dengan penjelasan tersebut , jadi mahasiswa bisa memahami dengan baik. Berhubung jam perkuliahan terbatas, maka perkuliahan di akhiri dan dilanjutkan lagi di pertemuan minggu depan yaitu hari  Selasa 6 November 2018 . Demikian laporan reportase perkuliahan saya, sampai bertemu kembali di reportase selanjutnya..

Artikel terkait lainnya:
14120086 MIA TRISTIANA
15120131 AHMAD HIDAYAT
15120139 DICKRI TIFANI BADI
15120206 PUTRI AMALIAH
15120374 ACHMAD AGUNG PRASETYO


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Musikalisasi Puisi

Reportase Perkuliahan Filsafat Pendidikan

Reportase 4